Senin, 05 September 2016

7 PROGRAM PELAYANAN PUBLIK POLRES JAJARAN POLDA JATIM BESERTA PENJABARANNYA

Dalam upaya Peningkatan Pelayanan Publik yang mudah di akses oleh masyarakat, tidak berbelit belit dan modern sebagai wujud implementasi Program 100 Hari Prioritas Kapolri yang salah satunya adalah ;
" Peningkatan Pelayanan Publik yang lebih mudah dan berbais Teknologi Informasi "
Program Inovasi Pelayanan publik berbasis Teknologi Informasi Polres Jajaran Polda Jawa Timur adalah sebagai berikut :

1. Polres Sidoarjo dengan SKCK Online dan SKCK keliling Online
2. Polres Gresik dengan GO - SIGAP pelayanan publik terintegrasi berbasis IT
3. Polres Jember dengan WAR ( We Are Ready ) Kentongan Online berbasis Android
4. Polresta Malang Kota dengan Panic Button On Hand Aplikasi pelaporan tindak kriminalitas berbasis Android
5. Polres Lamongan dengan SOTO LAmongan ( Sistem Operasional Terpadu Online )
6. Polres Bojonegoro dengan CAS ( Crime Alarm System ), Aplikasi pelaporan berbasis Android
7. Polres Tuban dengan SIBI ( Sistem Siaga Bumi Wali ) Informasi Pelayanan dan Pengaduan Berbasis Android.

Ke 7 ( tujuh ) aplikasi tersebut dibuat berdasarkan ;
- Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia Padal 14 ayat ( 1 ) huruf K
- Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
- Program Prioritas Promoter Kapolri Nomor 2 ( dua ) tentang Peningkatan pelayanan Publik yang lebih mudah bagi masyarajat dan berbasis TI

Rekan pembaca, setelah membaca ke tujuh aplikasi yang sudah saya tulis pasti anda masih bertanya seperti apa aplikasi tersebut dan bagaimana cara kerjanya
Saya akan menjabarkan satu per satu terkait 7 Aplikasi Polres Jajaran Polda Jatim tersebut.

PENJABARAN 7 APLIKASI ONLINE POLRES JAJARAN POLDA JATIM

1. POLRES SIDOARJO dengan SKCK ONLINE DAN SKCK KELILING ONLINE
- Dengan adanya SKCK Online ini Pemohon SKCK tidak perlu lagi membawa Rekom dari RT, RW, Lurah / Kades dan Polsek, cukup membawa KTP/E-KTP dan kode Booking pengisian blanko SKCK melalui Sistem Online
- Isi blanko SKCK Online dilakukan cukup melalui komputer, Handphone/ Gadget anda
- Pemohon SKCK Online dapat mengurus di Polsek, Polres Sidoarjo atau Mobil SKCK Keliling Online tanpa harus kembali ke Alamat sesuai dengan KTP/ E-KTP
- Pengecekan keaslian KTP dilakukan dengan menggunakan Alat Mambis ( Inavis Polri ) yang datanya telah tersambung dengan data base E-KTP ( Dispendukcapil )
- SKCK Online sudah terkoneksi dengan data base catatan Kepolisian seperti :
a. Pelaku Kriminalitas di SatReskrim
b. Pelaku Kriminalitas di SatResNarkoba
c. Pelaku Kriminalitas Tipiring di SatSabhara
d. Pelaku Laka Lantas di SatLantas
- Jika Pemohon SKCK tercatat / tidak tercatat di Data Base catatan kepolisian tersebut, secara otomatis akan tertera atau tercetak di lembaran SKCK
- Pengambilan dan perumusan sidik jari masih menggunakan sistem kertas AK-23 ( ke depan akan menggunakan sistem Digital )
- Pelayanan SKCK dapat juga dilakukan di Mobil SKCK Keliling Online yang jadwalnya mengikuti jadwal Sim Keliling

2. POLRES GRESIK dengan GO SIGAP Pelayanan Publik Terintegrasi berbasis TI
- Pelayanan GO SIGAP mempunyai 4 Aplikasi pengguna dengan level admin sesuai kebutuhan
a. Masyarakat
b. Polri
c. Mitra Polri
d. Operator
Kita bahas untuk masyarakat, download aplikasinya di Playstore dan silahkan isi form registrasi. Setelah itu ikuti arahan selanjutnya, ada Panic Button dimana masyarakat bisa meminta tolong kepada petugas yang berada di dekat lokasi. Untuk pelayanan SIM dan SKCK sama seperti Polres Sidoarjo tak perlu ribet isi form atau membawa surat dr RT/RW.

3. POLRES JEMBER dengan WAR ( We Are Ready ) Kentongan Online
- Dalam aplikasi WAR ini hampir mirip dengan Panic Button yang berbeda adalah dii layar anda akan tertera Jenis kejahatan yang sedang terjadi, misal : Curanmor sudah ada nama petugas dan nomer telepon yang bisa anda hubungi langsung dari aplikasi tersebut.

4. POLRESTA MALANG KOTA dengan PANIC BUTTON ON HAND Aplikasi Pelaporan tindak Kriminal berbasis Android
- Aplikasi ini juga serupa dengan Polres Jember dan Gresik, nasyarakat hanya tinggal mendownload aplikasi di Playstore klik aplikasi bernama " Polisi Kota Malang " setelah di instal anda bisa mengisi form dahulu harap isi sesuai dengan KTP anda. Setelah itu baru di tampilan utama ada Panic Button dengan berbagai fitur juga termasuk Laporan, Kritik dan Saran, MalangKotaNews dan Pelayanan Polri.

5. POLRES LAMONGAN dengan SOTO LA ( Sistem Operasional Terpadu Online LAmongan )
- Polres Lamongan membuat aplikasi dengan berbagai macam fitur antara lain :
a. Aplikasi Pelayanan Masyarakat ( SPKT ) Masyarakat bisa curhat langsung mengenai banyak hal seperti Laporan Keamanan, kemacetan, bencana alam, laka lantas dengan menyertakan foto dan lokadi kejadian berupa koordinat dan akan terkirim ke server dan langsung ditanggapi olrh anggota yang bertugas di SPKT atau Satker lain di Polres Lamongan.
b. Aplikasi Antrian SIM dan SKCK Online dilampirkan bersamaan dengan ijin keramaian fsn perkembangan kasus ( SP2HP )
c. Berita dan Informasi kejadian fan kegiatan di Polres Lamongan
d. Aplikasi BinMas
Untuk mendukung pelaksanaan tugas Bhabinkamtibmas, Polres Lamongan membuat aplikasi penyuluhan jarak jauh dengan nama Vicon Lamongan dan menggunakan Android.
e. Monitoring CCTV Center perkembangan Traffic ( Arus Lalu Lintas, Rawan Laka, dan Rawan Macet ) dan Objek Vital ( Pemukiman Warga, Lapas, Pemerintahan, Perbankan, Perkantoran, Pertokoan, Mako / Poksek Jajaran ) yang dapat di akses oleh masyarakat via Smartphone.
Untuk Aplikasi Panic Button ada 2 tombol setelah anda menginstal aplikasi SOTO LA, tombol pertama untuk mengirimkan koordinat dan lokasi kejadian ke server di command center Polres Lamongan. Tombol kedua berfungsi untuk menelepon Polsek atau Polres terdekat. Setelah tombol ditekan dan diterima oleh server, otomatis alarm berbunyi dan operator bisa memberikan informasi ke petugas di Lapangan yang dekat dengan Lokasi Kejadian.

6. POLRES BOJONEGORO dengan CAS ( Crime Alarm System ) Aplikasi Pelaporan berbasis android
- Cukup sederhana penjabaran dari  aplikasi CAS ini, jika anda ketik CAS di Playstore maka akan tersedia 3 aplikasi CAS yang berbeda fungsi yaitu :
1. Aplikasi CAS untuk Anggota Polri
2. Aplikasi CAS untuk Masyarakat
3. Aplikasi CAS untuk Instansi
Masyarakat dapat mendownload aplikasi yang unuk masyarakat, setelah itu ikuti arahan di Handphone anda dan aplikasi ini mirip dengan Panic Button karena anda bisa melaporkan kejadian hanya dari Hp anda tanpa perlu jauh jauh ke Polsek atau Polres.

7. POLRES TUBAN dengan SIBI ( Sistem sIaga Bumi walI )
Aplikasi ini juga tersedia berbagai macam fitur yaitu :
a. Panic Button ; Pencet 3 kali untuk keadaan darurat
b. Peta / Gps Pos Polisi / Polsek ; berisikan lokasi terkini pengguna dan lokasi pos polisi terdekat
c. Pos Polisi ; Berisikan data seluruh lokasi Bantuan Polisi di Polres dan Polsek mulai nomor telp dan data info untuk kemudahan masyarakat dalam mengaksesnya
d. Pengaduan ; Berisikan tombol foto yang bisa diambil secara langsung atau diambil dari galeri Hp dan di upload ke aplikasi SIBI berikut jenis pengaduan dan keterangannya sert tindak lanjut akan diambil alih oleh operator Polres Tuban.

Sudah lengkap penjabaran ke 7 ( tujuh ) Pelayanan Aplikasi Online dari Jajaran Polres Polda Jawa Timur semoga berkenan dan bermanfaat.
Mohon maaf jika penjabarannya begitu panjang, karena saya mencoba menjelaskan sejelas jelasnya agar masyarakat tau betapa maksimalnya pelayanan Polri terhadap masyarakat tanpa ribet lagi mengurus ini itu. Harapan kami dengan adanya Pelayanan Kepolisian sebagai PELAYAN PELINDUNG PENGAYOM Masyarakat secara CEPAT, SINGKAT, dan TEPAT yang dikemas dalam teknologi IT berbasis Android bisa membuat masyarakat semakin merasakan keamanan kenyamanan dimanapun berada dan tentunya semakin cinta Polri. Bagi anda yang ingin mengurus atau membutuhkan bantuan pelayanan pihak kepolisian silahkan buka PLAY STORE dan ketik nama salah satu Aplikasi dari tujuh aplikasi sesuai kebutuhan & wilayah. Silahkan di sebarkan kepada keluarga, teman, kerabat serta handai taulan agar semua tau Polri selalu memberikan pelayanan terbaik dan bekerja dengan tulus ikhlas dan murni mengabdi pada negeri.
#PROMOTER (Profesional Modern Terpercaya).
#Polribaginegeri

Terima Kasih juga atas undangan dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. H.M. Tito Karnavian M.A., Ph.D.
Kapolda Jawa Timur Irjen. Pol. Drs. Anton Setiadji, S.H, M.H.
Menteri PANRB Asman Abnur
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol. R.P Argo Yuwono
dan sosok "Anak Muda Luar Biasa" Master IT & SEO Abang Khoirul Amin selaku pembina dan pendamping kami dalam acara LAUNCHING PELAYANAN PUBLIK BERBASIS IT di Wilayah Hukum POLDA JAWA TIMUR pada tanggal 01 September 2016 di Polres Sidoarjo.
Kami bangga bisa menjadi bagian dari Polri dalam membawa citra positif dan nama baik Polri di mata masyarakat. ( RV )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar